Biro Sumber Daya Manusia Universitas Sumatera Utara - birosdm@usu.ac.id

Profil Biro SDM

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2014 tentang Statuta Universitas Sumatera Utara pasal 25 ayat (5) yang menyatakan bahwa “pelaksana administrasi terdiri atas biro pelaksana administrasi pada satuan organisasi tingkat Universitas, pelaksana pada tingkat Fakultas, atau Satuan Kerja lain.

Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai salah satu Biro Pelaksana Administrasi pada satuan organisasi tingkat Universitas, berperan dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia yang terdiri dari Tenaga Pendidik (Dosen) Tetap Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tenaga Kependidikan Tetap PNS, Tenaga Pendidik (Dosen) Tidak Tetap Non PNS, dan Tenaga Kependidikan Tidak Tetap Non PNS, sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam menjalankan berbagai kegiatan di bidang pengelolaan administrasi kepegawaian, perencanaan dan pengembangan, serta kegiatan di bidang kesejahteraan Sumber Daya Manuasia di lingkungan USU.

Biro Sumber Daya Manusia dipimpin oleh seorang Kepala (Kepala Biro), dan berada dibawah serta bertanggung jawab kepada Wakil Rektor II.

Dalam menjalankan perannya dalam pengelolaan administrasi kepegawaian, perencanaan dan pengembangan dan kegiatan lainnya dibidang kesejahteraan Sumber Daya Manusia, Biro Sumber Daya Manusia Universitas Sumatera Utara terdiri dari 2 (dua) Bagian yaitu Bagian Kepegawaian, dan Bagian Pengembangan dan Kesejahteraan.

 

Tugas Pokok dan Fungsi serta Strukur Organisasi

  • Tugas Pokok dan Fungsi

Biro Sumber Daya Manusia sebagai unsur pelaksana administrasi di tingkat universitas berfungsi menjalankan administrasi bidang sumber daya manusia, antara lain :

  1. menyusun, mengimplementasikan, memonitor, mengevaluasi, dan mengembangkan sistem pengelolaan sumber daya manusia;
  2. menyusun kebijakan pengelolaan sumber daya manusia;
  3. melaksanakan kegiatan pengelolaan kepegawaian;
  4. memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi kepegawaian;
  5. mengoordinasi dan memfasilitasi usaha dan kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia;
  6. menyusun dan mengoordinasi pelaksanaan sistem evaluasi kinerja, sistem “reward and punishment" serta perencanaan pengembangan karir;
  7. menyusun dan memantau implementasi sistem remunerasi dan kesejahteraan berbasis kinerja;
  8. mendukung pelaksanaan pembinaan dan tindakan penertiban pegawai ;
  9. mengelola sistem informasi sumber daya manusia yang terintegrasi; dan
  10. menyusun program dan memantau pelaksanaan kegiatan Learning and Development Center.

 

VISI  SUMBER DAYA MANUSIA

Visi merupakan pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan oleh suatu organisasi yang dapat menjadi pedoman dan pendorong (motivasi) agar semua komponen organisasi dapat berjalan serempak serta memiliki komitmen yang sama untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi Visi Biro Sumber Daya Manusia Universitas Sumatera Utara adalah ”Menjadikan Pegawai Universitas yang berkompetensi dan profesional”.

Dengan ditetapkannya visi tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi  yang tinggi bagi segenap personil pada Biro Sumber Daya Manusia Universitas Sumatera Utara khususnya dan Universitas Sumatera Utara  pada umumnya.

 

MISI  SUMBER DAYA MANUSIA

  1. Mengembangkan budaya pelayanan prima kepada stackholder.
  2. Mewujudkan manajemen sumber daya manusia yang transparan, akuntabel, berkeadilan dan profesional.
  3. Meningkatkan kualitas ketenagaan pada Biro Sumber Daya Manusia Universitas Sumatera Utara yang berkepribadian dan berkerja dengan ikhlas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan dan Sasaran Biro Sumber Daya Manusia Universitas Sumatera Utara adalah :

  1. Menyelenggarakan administrasi kepegawaian pada umumnya disamping pengembangan pegawai sesuai dengan tugas masing-masing.
  2. Terciptanya pelayanan administrasi kepegawaian dalam berbagai bidang, cepat, tepat, berkualitas, sehingga tercapainya kepuasan pelanggan.